Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PUPUK RACIK KALONG DAN DOSIS N TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi bibit kelapa sawit di Pre-Nursery terhadap perlakuan pupuk racik kalong dan dosis N, dan untuk mengetahui respon bibit kelapa sawit di Pre-Nursery terhadap perlakuan pupuk racik kalong dan dosis N. Peneletian ini dilakukan selama 3 bulan dari bulan Februari sampai April 2019 Institut Instiper Yogyakarta, yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design), yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah pupuk racik kalong yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu R1 = kontrol (NPK 0,1 g/polybag), R2 = 10 g/polybag, R3 = 20 g/polybag, R4 = 30 g/polybag. Selanjutnya faktor kedua adalah dosis N yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu : N1 = kontrol (NPK 0,1 g/polybag), N2 = 2 g/polybag, N3 = 3 g/polybag, N4 = 4 g/polybag.
Hasil analisis menunjukkan tidak interaksi nyata antara perlakuan pupuk racik kalong dan dosis N terhadap pertumbuhan pada bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk racik kalong tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi bibit, diameter batang, jumlah daun, volume akar, berat kering akar, berat segar bibit, berat kering bibit. Tetapi pupuk racik kalong dan dosis N memberikan pengaruh nyata terhadap panjang akar dan berat segar akar pada perlakuan 30 gram pupuk racik kalong dan 3 gram dosis N.

Kata kunci : Pupuk racik kalong, dosis N, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
westborneowaldy@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Ir.Neny Andayani,MP - Personal Name
TRIWALDI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...