Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Volume Limbah Cair Tahu pada berbagai jenis tanah terhadap pertumbuhan kelapa sawit (Elaeis gueneensis Jacq) di pre nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi limbah cair tahu yang baik untuk pertumbuhan tanaman kelapa sawit, untuk mengetahui jenis tanah yang baik untuk tanaman kelapa sawit dan untuk mengetahui interaksi konsentrasi limbah cair tahu dengan macam jenis tanah pada tanaman kelapa sawit di pre-nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan terdiri dari 2 faktorial. Faktor yang pertama adalah konsentrasi limbah cair tahu yang terdiri dari 4 aras yaitu, P0: 0 ml, P1: 250 ml, P2: 350 ml dan P3: 450 ml. Sedangkan untuk faktor kedua adalah macam jenis tanah yang terdiri dari 3 aras yaitu N1: Tanah Regusol, N2: Tanah Latosol dan N3: Tanah Grumusol. Masing-masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%.
Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara konsentrasi limbah cair tahu dan macam jenis tanah terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di pre-nursery pada semua parameter yang telah diamati. Namun terdapat pengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman, panjang akar, berat segar tajuk dan berat segar akar. Sedangkan pada perlakuan macam jenis tanah menunjukkan pengaruh nyata pada parameter tinggi tanaman, hasil yang baik ditunjukkan pada tanah grumusol. Kemudian pada parameter berat segar tajuk, hasil yang baik ditunjukkan pada tanah regusol. Kemudian pada parameter berat segar akar, hasil yang baik ditunjukkan pada tanah regusol.

Kata kunci : limbah cair tahu, tanah regusol, tanah latosol, tanah grumusol, pembibitan kelapa sawit pre-nursery


LOADING LIST...
arifpermady19@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...