LIA NOVITA PUTRI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN SOSIAL EKONOMI PEKEBUN TEH DESA PAGERHARJO KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULONPROGO


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pendapatan sebagai pekebun teh yang di usahakan sebagai mata pencarian di Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kulonprogo, (2) mengetahui keadaan sosial ekonomi pekebun teh yang masih aktif memproduksi tanaman teh di Desa Pagerharjo, Kabupaten KulonProgo.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode penentuan sampel menggunakan metode sensus karena jumlahnya kurang dari 30, sehingga semua sampel diambil yang masih aktif mengelolah tanaman teh. Metode analisis data menggunakan metode analisis tabel desktiftif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan ekonomi masyarakat pekebun teh di Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh dikatakan masih kurang baik, dilihat dari pendapatan sebagai pekebun teh rata-rata terbilang rendah berkisar antara Rp. 180.000,00- di atas Rp. 2.000.000,00\bulan dibawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan untuk keadaan sosial juga masih kurang baik karena tingkat pendidikan pekebun teh relatif rendah, rata-rata hanya sampai tingkat sekolah menengah. Alih fungsi lahan teh disebabkan karena awal penanaman tanaman teh di tanamani tanaman pelindung kini tanaman tersebut bukan lagi sebagai tanaman pelindung tetapi menjadi tanaman sela dengan kerapatan tajuk yang di usahakan sebagai nilai tambahan untuk pendapatan petani.

LOADING LIST...
LIA NOVITA PUTRI - Personal Name
Dr. Ir Danang Manumono, MS - Personal Name
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...