Susilo Suryade Putra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MONITORING TYTO ALBA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HAMA TIKUS DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara burung hantu dan tikus di perkebunan kelapa sawit berdasarkan serangan pada buah kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Kebun Sei Rindu Estate PT. Tapian Nadenggan di kecamatan Telawang, Kabupaten Kota Waringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode survey, yang digunakan untuk memilih dan mengetahui lokasi pengambilan sampel. Jumlah sampel yang digunakan 30 tanaman, dimana setiap blok terdapat 10 sampel tanaman yang diamati. Pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali ulangan. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dan menggunakan pengujian korelasi, dimana analisis ini digunakan untuk mencari hubungan antara burung hantu dan tikus yang ada di perkebunan kelapa sawit. Pengujian korelasi dengan nilai 0,96 artinya ada hubungan yang sangat erat antara burung hantu dan tikus di perkebunan kelapa sawit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan burung hantu di perkebunan kelapa sawit sangat baik yang ditandai dari aktifnya seluruh gupon yang diamati, serta pengendalian secara hayati dengan menggunakan burung hantu dapat menekan tingkat serangan kerusakan pada buah kelapa sawit yang disebabkan oleh tikus di perkebunan kelapa sawit. Hal tersebut terjadi karena adanya hubungan yang erat antara burung hantu dan tikus, burung hantu sebagai predator dan tikus sebagai mangsa utamanya.
LOADING LIST...
ssuryadeputra@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...