Ellyas Abdul Wahab; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Topografi Terhadap Produksi TBS (Tandan Buah Segar)


Penelitian bertujuan untuk mengetahui angka produksi tandan buah segar (TBS) yang terdapat pada topografi datar dengan topografi bergelombang di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT. Langkat Nusantara Kepong (LNK), Desa Gohor Lama, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.
Pengerjaan penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode pengamatan langsung pada lahan yang memiliki topografi berbeda satu blok yang mewakili topografi datar dan satu blok yang mewakili topografi bergelombang dengan ciri-ciri tahun tanam sama, varietas tanaman sama, dan luas lahan sama. Pada masing-masing blok ditentukan 30 tanaman kelapa sawit untuk ditentukan sebagai sampel pengukuran karakter agronomi yang digunakan sebagai data primer. Pengambilan sampel dilakukan secara Probability Sampling Sistematis mengunakan sistem Random Sampling sehingga mampu memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Analisi data mengunakan uji t Independent T test.
Hasil penelitian menunujukan angka produksi topografi lahan datar memiliki angka lebih tinggi dibandingkan dengan topografi lahan bergelombang dan karakter agronomi lahan datar lebih baik dibandingkan karakter agronomi lahan bergelombang.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...