Hamdani Saputra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI LADA DI KABUPATEN BANGKA TENGAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi produksi lada di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan untuk mengetahui pendapatan petani lada di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode penentuan lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan snowball sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah petani lada dengan jumlah responden 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan pencatatan. Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi produksi lada di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu pupuk organik, pupuk NPK, tenaga kerja dan luas lahan. Pendapatan petani lada di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung per UT mencapai Rp112.722.833/tahun dan per Ha mencapai Rp47.514.931/tahun. Pendapatan UMK di Kabupaten Bangka Tengah Saat ini sebesar Rp3.000.000/bulan. Rata-rata pendapatan petani perbulannya sebesar Rp9.393.568/bulan, jadi pendapatan petani lada di Desa Koba Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah melebihi UMK itu sendiri.

LOADING LIST...
Hamdani Saputra - Personal Name
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP., MP. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAARTA
LOADING LIST...