Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN MUTU CPO (CRUDE PALM OIL) DAN RENDEMEN MENGGUNAKAN METODE PETA KENDALI DI PABRIK KELAPA SAWIT SUMATERA UTARA


Indonesia saat sebagai produsen penyumbang terbesar di dunia tentunya harus dapat menciptakan daya komperatif dan kompotitif yang tinggi dalam persaingan dagang bebas Internasional. Hal ini tentunya dilakukan bukan hanya sebatas meningkatkan kualitas CPO yang diproduksi pertahunnya tetapi juga di iringi kualitas mutu CPO itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mutu CPO (crude palm oil ) berupa asam lemak bebas, kadar air, kadar kotoran dan rendement dalam beberapa periode apakah sesuai dengan standart pabrik dan SNI.
Penelitian dilaksanakan di PKS PT.QWERTY Sumatera Utara, meggunakan metode peta kendali berupa individu control, rentang bergerak, serta SNI dan Standart Pabrik selama 30 hari dimulai dari tanggal 07 Mei sampai – 29 Mei 2019. Sampel yang digunakan adalah data kualitas mutu produksi CPO (crude palm oil) berupa asam lemak bebas kadar air, kadar kotoran, dan rendemen kernel pada bulan April dan Mei 2019
Dari hasil penelitian mutu CPO (crude palm Oil) yang diamati selama 50 hari maka dapat di peroleh kadar asam lemak bebas yaitu 2,71 %, kadar air 0,29 %, kadar kotoran,0,028 %, rendemen, 20,98 %, sedangkan perusahaan menetapkan kadar asam lemak bebas yaitu 3 %, kadar air 0,18%, kadar kotoran, 0,01-0,02 % dan kadar rendemen, 21,35% dan SNI menetapkan kadar asam lemak bebas yaitu 5%, kadar air 0,45 %, dan kadar kotoran, 0,05 %. Kesimpulan bahwa kualitas mutu CPO standar yang ditetapkan perusahaan maupun SNI, namun kadar rendemen dan kadar air tidak memenuhi standard perusahaan.

LOADING LIST...
alfirizski2@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP. - Personal Name
ALFI RIZKI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...