Rubertus Abatan; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SABUN CAIR HERBAL DARI MINYAK VCO DENGAN PENAMBAHAN MINYAK ATSIRI SEREH (Cymbopogon nardus L) SEBAGAI ANTIMIKROBIA


Penelitian tentang Sabun Cair Herbal Dari Minyak VCO Dengan Penambahan Minyak Atsiri Sereh Sebagai Antimikrobia, ini bertujuan mendapatkan sabun cair dengan konsentrasi minyak VCO dan penambahan minyak atsiri sereh yang paling tepat sesuai standart SNI dan mengetahui pengaruh penambahan minyak sereh terhadap zona hambat bakteri.
Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap dengan 1 faktor yaitu perbandingan minyak VCO dan minyak atsiri sereh yang terdiri dari 5 taraf yaitu A (50 : 0), B (47,5 : 2,5), C ( 45 : 5), D (42,5 : 7,5), E (40 : 10). Analisis yang dilakuakan meliputi pH, Alkali Bebas, Bobot Jenis, Viskositas, Stabilitas Busa, Antimikroba.
Hasil penelitian menunjukan perbandingan minyak VCO dan minyak sereh berpengaruh terhadap uji antimikrobia, kenampakan dan aroma namun tidak berpengaruh terhadap uji pH, bobot jenis, viskositas, stabilitas busa, alkali bebas dan warna. Sabun cair yang paling mendekati SNI dan memiliki kestabilan busa, daya hambat E.coli dan uji kesukaan tertinggi pada perbandingan minyak VCO dan minyak sereh 45 : 5 gram dengan uji pH 9,21, bobot jenis 1,03 g/ml, viskositas 1.033 cP, stabilitas busa 51,70%, alkali bebas 0%, antimikrobia 11,33 mm.


LOADING LIST...
Rubertus Abatan - Personal Name
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
M. Prasanto Bimantio, ST. M.Eng - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...