Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengujian Efektivitas Penjernihan Air Dengan Arang dan Abu Sisa Pembakaran Boiler


Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia, air sangatlah penting untuk manusia sebagai keperluan minuman, sebagai kebutuhan mandi dan lain-lain. Di indonesia masih banyak sumber air yang tidak jernih, maka dari itu dilakukan penelitian penjernihan air dengan memanfaatkan arang dan abu dari sisa pembakaran boiler.
Tujuan penelitian yaitu menganalisa air sungai dan waduk sebagai alat penjernih air dengan menggunakan media arang dan abu sisa pembakaran boiler, menguji kualitas air setelah penyaringan, menguji efektivitas alat penyaring untuk menaikkan pH, menurunkan Fe, menurunkan turbidity, dan menaikkan Total Disolved Solid (TDS) dengan media sisa pembakaran boiler.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan filtrasi dari filter yang berbentuk tabung yang berisi abu dan arang. Pengujian dengan media abu dan arang sisa pembakaran boiler mampu menurunkan Fe waduk dengan rata-rata yang didapat sebesar 0,19 mg/l dengan efektivitas 94%, menaikkan TDS sebesar 115 dengan efektivitas 30%, menurunkan Turbidity sebesar 22 NTU dengan efektivitas 65%, dan menaikkan pH sebesar 6 dengan efektivitas 23%. Pengujian dengan media abu dan arang sisa pembakaran boiler mampu menurunkan kadar Fe sungai dengan rata-rata yang didapat sebesar 0,10 mg/l dengan efektivitas 70%, menaikkan TDS sebesar 443 dengan efektivitas 5,2%, menurunkan Turbidity sebesar 2,5 NTU dengan efektivitas 76%, dan pH menaikkan sebesar 6 dengan efektivitas 26%.

LOADING LIST...
andre1402rt@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...