Sampe Bonaulitua Situmorang; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMETAAN SEBARAN PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG DI KEBUN KELAPA SAWIT PT. LANGKAT NUSANTARA KEPONG MENGGUNAKAN SIG


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat serangan Ganoderma boninense dan membuat peta sebaran penyakit busuk pangkal batang di blok kebun kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Langkat Nusantara Kepong, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2019.
Penelitian dilakukan di 6 blok pada divisi yang sama di Kebun Tanjung Beringin dengan tahun tanam yang mewakili TM muda (blok 2012J dan 2012K), TM remaja (blok 2008 dan 2008B), TM dewasa (2003B dan 2001A). Pada blok penelitian dilakukan pengambilan pohon sampel dengan cara sampel sistematik dan sensus G. boninense dari perusahaan. Setelah itu diambil titik koordinat di masing-masing blok menggunakan GPS. Di pohon sampel dicek apakah G. boninense atau tidak serta dilihat tingkat serangannya. Kemudian data diolah menggunakan aplikasi GIS 10.3. Peta tingkat serangan G. boninense dibuat dengan teknik IDW, kemudian dianalisis pola sebaran G. boninense.
Hasil analisis menunjukkan di semua blok yang mewakili tahapan usia pertumbuhan kelapa sawit baik muda, remaja, dan dewasa terdapat tingkat serangan awal, sedang, berat, dan pohon mati akibat G. boninense. Pola serangan G. boninense pada tanaman kelapa sawit yaitu mengelompok.

Kata kunci : pola sebaran, Busuk pangkal batang, kelapa sawit, SIG



LOADING LIST...
sampesitumorang17@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
LOADING LIST...