Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI JENIS – JENIS JAMUR PADA TEGAKAN EUCALYPTUS HYBRID DI PT. TOBA PULP LESTARI


IDENTIFIKASI JENIS – JENIS JAMUR PADA TEGAKAN EUCALYPTUS HYBRID DI PT. TOBA PULP LESTARI
Surya ; Karti Rahayu Kusumaningsih ; Agus Prijono
INTISARI
Eucalyptus sp. merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan pada hutan tanaman industri. Salah satu permasalahan dalam upaya budidaya tanaman HTI adalah rawan terhadap serangan penyakit. Untuk dapat melakukan tindakan pengendalian penyakit tanaman secara tepat, salah satunya dibutuhkan informasi tentang patogen penyebab penyakit tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan identifikasi tentang macam – macam patogen yang terdapat pada tegakan HTI tersebut. Identifikasi ini dibutuhkan dalam upaya melakukan tindakan pengendalian penyakit secara tepat atau meminimalkan resiko kerusakan yang mungkin terjadi.
Penelitian ini dilaksanakan pada tegakan Eucalyptus hybrid yang berada di Sektor Aek Nauli dan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir, PT. Toba Pulp Lestari, Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui spesies jamur yang terdapat pada tegakan Eucalyptus hybrid di sektor sektor Aek Nauli dan Habinsaran, PT. Toba Pulp Lestari, Sumatera Utara. Parameter yang diamati ialah jenis spesies jamur yang ditemukan pada sektor Aek Nauli dan Habinsaran. Sampel badan buah jamur yang ditemukan di lapangan, dibuat biakan murni untuk diidentifikasi secara makroskopis, mikroskopis dan molekuler.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis jamur yang ditemukan pada lokasi tegakan Eucalyptus Hybrid di sektor Aek Nauli dan Habinsaran, PT. Toba Pulp Lestari, Sumatera Utara merupakan jenis jamur yang bersifat endofit sehingga tidak berpotensi sebagai patogen penyebab penyakit. Berdasarkan hasil identifikasi secara makroskopis, mikroskopis dan molekuler, jenis jamur yang ditemukan pada lokasi tegakan Eucalyptus hybrid di sektor Aek Nauli, PT. Toba Pulp Lestari, Sumatera Utara ialah jamur Mucor fragillis dan Trichoderma atroviride, sedangkan jenis jamur pada lokasi sektor HabinsaranPT. Toba Pulp Lestari, Sumatera Utara ialah jamur Trichoderma sp..

LOADING LIST...
suryayang13@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Surya - Personal Name
Karti Rahayu K., S. Hut, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...