Drs. Suparman, MM; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SISTEM KENDALI SUHU DAN PENGUKURAN VOLUME OTOMATIS PADA TANGKI PENYIMPANAN MINYAK KELAPA SAWIT BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)


Produksi crude palm oil (CPO) Indonesia dari tahun ketahun terus meningkat, pada akhir tahun 2018 mencapai 34. 468.293 ton, naik 0,9% dari tahun sebelumnya.produksi yang terus meningkat akan mengakibatkan stock CPO semakin banyak dan membutuhkan penyimpanan yang baik. Pada proses penyimpanan yang terjadi adalah menjaga suhu CPO agar kualitasnya tidak rusak. Pengaturan suhu ini masih dilakukan secara manual dan menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem kontrol suhu dan pengukuran volume otomatis yang dapat dipantau dari smartphone.
Pembuatan sistem kontrol menggunakan mikrokontroler ESP8266 NodeMCu, sensor suhu, sensor ultrasound, dah heater 1000 Watt. Pemrograman menggunakan aplikasi Arduino IDE, dan menggunakan bahasa pemrograman C++.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah desain storage tank yang dilengkapi dengan sensor dan mikrokontroler. Pengukuran suhu menggunakan sensor DS18b20 memiliki keakurasian data sebesar 99,19% sedangkan pengukuran volume menggunakan sensor hc-sr04 memiliki keakurasian 99,78%. Data yang diperoleh dari sensor dapat dilihat melalui aplikasi Thingspeak menggunakan komputer maupun menggunakan smartphone.

LOADING LIST...
primaadinugraha20@gmail.com
Drs. Suparman, MM - Personal Name
Prima Okta Adi Nugraha - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS., IPM - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...