Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENJERNIHAN AIR DENGAN KOMBINASI AERASI DAN FILTRASI DENGAN MEDIA BIOCHAR UNTUK MENURUNKAN KADAR BESI (Fe) DAN MANGAN (Mn)


Air tanah itu tanpa disadari mengandung unsur logam yang terlarut dalam air, contohnya seperti magnesium, calsium, kalium, sulfat, sodium,nitrat, pH, mangan (Mn), besi (Fe) dan lain-lain. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pemanfaatan biochar cangkang kelapa sawit untuk menurunkan kadar Fe dan Mn, mengukur efektivitas sistem penyaringan (filtrasi) dengan variasi ketebalan biochar cangkang kelapa sawit untuk menjernihkan air (pH, Turbidity, TDS), Menganalisis ketebalan biochar cangkang kelapa sawit dan lama pengendapan yang paling efektiv dalam menurunkan Fe, Mn dan penjernihan.
Dalam penlitian ini menggunakan metode aerasi cascade aerator, pada proses filtrasi menggunakan variasi ketebalan biochar cangkang kelapa sawit 10 cm dan 60 cm, serta variasi waktu penyaringan yaitu 30 menit dan 60 menit, parameter yang digunakan yaitu pH, TDS, turbidity, Fe, dan Mn.
Efektivitas pengolahan menggunakan metode kombinasi aerasi dan filtrasi untuk kadar Fe sebesar 70 %, dan untuk Mn sebesar 92 %. Kombinasi aerasi dan filtrasi dengan arang cangkang kelapa sawit dapat menigkatkan derajat keasaman menjadi normal dan menurunkan TDS, Turbidity hingga mencapai 91 %. Penurunan kadar Fe dan Mn menggunkan metode kombinasi aerasi dan filtrasi dengan media biochar cangkang kelapa sawit diperoleh kadar Fe yang paling rendah yaitu pada filter penyeringan arang 20 cm dengan waktu pengendapan 30 menit telah menunjukkan hasil yang baik yaitu Fe diperoleh 0,40 mg/l, Mn 0,06 mg/l dan waktu pengendapan 60 menit sebesar 0,30 mg/L, dan untuk Mn sebesar 0,03 mg/L.

LOADING LIST...
absorarfian@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...