Dr.Ir. Candra Ginting, MP (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPONS PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis Guinennsis Jack) TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI JENIS MULSA DAN JENIS PUPUK MAJEMUK NPK DI PRE NURSERY


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Respons Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Terhadap Pemberian Berbagai Jenis Mulsa Dan jenis Pupuk Majemuk NPK telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Yogyakarta pada bulan maret hingga Mei 2019.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu jenis mulsa yang terdiri dari 3 aras (kontrol, rumput - rumputan dan daun kelapa sawit) dan faaktor kedua jenis pupuk majemuk NPK yang terdiri dari 4 aras (kontrol, NPK Majemuk 1, NPK Majemuk 2 dan NPK Majemuk 3). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi dan masing - masing kombinasi perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil analisis menunjukkan Tidak terdapat pengaruh nyata kombinasi antara jenis mulsa dan jenis pupuk majemuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian jenis mulsa dan tanpa menggunakan jenis mulsa sama-sama tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pupuk majemuk NPK Majemuk 2 memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan pupuk majemuk NPK Majemuk 3 dengan pupuk majemuk NPK Majemuk 1 dan tanpa penggunaan pupuk (kontrol) terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
fredymuhammad238@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...