Tasya Dinda Amalia; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

BUBUK “TEH” CELUP DAUN KELORKAYA ANTIOKSIDAN DENGAN PENAMBAHAN BUBUK JAHE EMPRIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi yang optimal untuk mendapatkan aktivitas antioksidan tertinggi, mengetahui pengaruh penambahan jahe dan jumlah penambahan jahe yang bisa menghasilkan teh daun kelor yang disukai konsumen.
Rancangan penelitian yang digunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan factor tunggal yang terdiridari 6 taraf dengan perbandingan daun kelor dan jahe emprit (A1= 100% : 0%), (A2 = 95% : 5%), (A3= 90% : 10%), (A4= 85% : 15%), (A5 = 80% : 20%), (A6 = 75% : 25%). Analisis yang digunakan untuk mengetahui kadar abu, kadar air, aktivitas antioksidan, serta uji sensori kesukaan warna, aroma, rasa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bubuk teh daun kelor dengan penambahan bubuk jahe emprit berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, dan uji sensori kesukaan warna, aroma, rasa. Kesukaan keseluruhan terbaik pada bubuktehdaunkeloradalah 4,60 = netral, terdapat pada perlakuan A6. Dan aktivitas antioksidan terbiak adalah 71,16 %, kadar air 7,78%, kadar abu 8,03%,dan sudah memenuhui Standar Nasional Indonesia (SNI).

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...