Dr. Ir. Herry Wirianata, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI MIKORIZA DAN DOSIS PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk hayati mikoriza dan dosis pupuk fosfor terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP 2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai Mei. Ketinggian tempat penelitian ±118 mdpl.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD). Faktor pertama adalah dosis pupuk hayati mikoriza yang terdiri dari 3 aras yaitu 0 g/bibit (kontrol), 5 g/bibit dan 10 g/bibit. Faktor kedua adalah dosis pupuk fosfor (P) yang terkandung dalam pupuk TSP yang terdiri dari 4 aras yaitu 1,8 g/bibit, 2,75 g/bibit, 3,5 g/bibit dan 4,5 g/bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam Analysis of Variance (anova) dan apabila terdapat perlakuan yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara aplikasi jamur mikoriza dan dosis pupuk P berpengaruh nyata terhadap parameter diameter batang, berat kering tajuk dan berat kering akar bibit kelapa sawit di pre nursery. Hal ini terjadi diduga karena adanya sinergitas/saling mendukung antara kedua faktor tersebut, sehingga mengakibatkan peningkatan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian jamur mikoriza hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk P (TSP) dosis 4,5 g/bibit menunjukkan hasil yang terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
rabkaakbar0012@gmail.com
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS (P) - Personal Name
Dra. Suprih Wijayani, M.Si - Personal Name
Rizky Akbar - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...