Elisabeth Nanik Kristalisasi, SP.,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Berbagai Mulsa dan Pupuk Hayati Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Pre Nursery


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai mulsa dan konsentrasi pupuk hayati terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Dusun Jenengan, Desa Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada bulan April sampai Mei 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah berbagai jenis mulsa yang terdiri dari 3 aras (jerami, sekam dan serbuk gergaji) dan faktor kedua adalah konsentrasi pupuk hayati yang terdiri dari 4 aras (0, 20, 30, 40 ml/l). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis Of Varian (Anova) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilakukan pengujian lanjut dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi nyata antara aplikasi berbagai mulsa dengan pupuk hayati pada semua parameter penelitian. Aplikasi mulsa jerami, sekam dan serbuk gergaji belum dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit. Aplikasi pupuk hayati konsentrasi 20 ml/l sudah dapat meningkatkan tinggi bibit kelapa sawit. Konsentrasi 30 ml/l memberikan hasil paling baik pada parameter berat segar tajuk, berat kering tajuk dan luas permukaan daun bibit kelapa sawit pre nursery.

Kata Kunci : Mulsa, pupuk hayati, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
jonatan.p90hs@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...