Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Memperbaiki Kualitas CPO Produksi Selama Penyimpanan di Storage Tank dengan Sistem Pengadukan dan Variasi Suhu


Penurunan mutu Crude Plam Oil (CPO) dapat terjadi selama penyimpanan di storage tank dan pengiriman karena terjadi reaksi oksidasi dengan oksigen di udara, reaksi hidrolisis. Semakin lama masa penyimpanan CPO maka penurunan mutu yang terjadi akan semakin besar. Suhu dipenyimpanan CPO yang tidak terkontrol dengan baik, juga sering kali menjadi penyebab terjadinya penurunan mutu CPO di dalam storage tank. Mutu CPO di dalam storage tank ditunjukkan dengan beberapa parameter yaitu ALB, kadar kotoran, dan kadar air. CPO memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan minyak nabati lainnya yang berpengaruh terhadap penanganannya selama penyimpanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain downscale tangki penyimpanan CPO dengan pengadukan dan pemanasan pada berbagai suhu. Menganalisa perubahan kualitas CPO berupa ALB, kadar air, dan kadar kotoran melalui perlakua pemanasan dan perlakuan sistem pengadukkan menggunakan stirrer.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta, dan lokasi pembuatan prototipe dilaksanakan di Pilot Plant Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa parameter dari proses penyimpanan CPO yaitu lama penyimpanan dan variasi suhu meliputi ALB, kadar kotoran, dan kadar air.
Hasil dari penelitian ini telah berhasil mendisain downscale tangki penyimpanan CPO atau storage tank dengan kapasitas 15 liter melalui sistem pengadukan stirrer dengan skala 1:3333. Perubahan kualitas mutu CPO FFA sistem heater dengan rentang perubahan sebesar 0,18%/hari dan kenaikan sebesar 0,03%/hari. Sedangkan FFA sistem pengadukan stirrer dengan rentang perubahan sebesar 0,12%/hari dan kenaikan perharinya sebesar 0,02%/hari.

LOADING LIST...
rikisugianto382@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...