Dr.Ir.Herry Wirianata,MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI DARAH SAPI YANG DI FERMENTASI DAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian hasil fermentasi darah sapi dan PGPR serta ada tidaknya interaksi antara darah sapi yang telah di fermentasi dan PGPR pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery.Penelitian ini dilaksanakan di Maguwoharjo, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juli 2019.
Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah fermentasi darah sapi yang di fermentasi yang terdiri dari tiga aras yaitu dosis 200 ml/bibit, 300 ml/bibit dan tanpa pupuk (kontrol). Faktor kedua adalah PGPR yang terdiri dari tiga aras yaitu dosis20 ml/bibit, 30 ml/bibit, dan tanpa pupuk (kontrol) yang ulang empat kali. Data dianalisis menggunakan sidik ragampada jenjang nyata 5%. Apabila terdapatbeda nyata dilanjutkan dengan Uji Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan aplikasi hasil fermentasi darah sapi dan PGPR member pengaruh interaksi yang tidak nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di prey nursery.Hasil yang sama untukmasing masing menggunakan aplikasi darah sapi maupum PGPR,kecuali panjang akar bibit yang di pengaruhi oleh PGPR,terbaik pada dosis 30 ml/bibit.
Kata kunci: Tanaman Bibit Kelapa Sawit,Hasil Darah Sapi Fermentasi,PlantGrowth Promoting Rihizobacteria

LOADING LIST...
fajarsyawal.m@gmail.com
Dr.Ir.Herry Wirianata,MS - Personal Name
FAJAR SYAWAL MAHENDRA - Personal Name
Dr.ir.Candra Ginting,MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...