Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM BAHAN ORGANIK DAN DOSIS DOLOMIT PADA TANAH MASAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis) DI PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam bahan organik dan dosis dolomit serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre-nursery telah dilakukan di Dusun Sopalan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret sampai Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam bahan organik yang terdiri dari 3 macam yaitu : pupuk kandang sapi, bio-slurry, dan kompos eceng gondok. Faktor kedua adalah dosis dolomit yang terdiri dari 4 aras yaitu : 0 g, 10 g, 20 g, 30 g. Data dianalisis menggunakan sidik ragam. dan data yang terdapat beda nyata diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara macam bahan organik dan dosis dolomit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Macam bahan organik memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan organ bibit kelapa sawit bagian atas (tajuk), dan pemberian pupuk hijau memberikan pengaruh yang sama dengan pupuk kandang sapi tapi lebih baik dibandingkan bio-slurry terhadap pertumbuhan organ bibit bagian bawah (akar). Pemberian dolomit pada semua dosis memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
purbadam437@gmail.com
Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc - Personal Name
Ir. Sri Manu Rohmiyati, M.Sc - Personal Name
Damanta Purba - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...