Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EVALUASI PROGRAM P2K3 DAN ANALISIS KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI PABRIK KELAPA SAWIT


Sumber daya manusia (SDM) sangat penting bagi keberhasilan perusahaan, karena manusia adalah sumber daya yang harus dijaga dan terus dikembangkan. Oleh sebab itu karyawan atau pekerja harus mendapatkan perhatian yang baik dari perusahaan.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi program-program dari panitia pembina keselamatan dan kesehatan kerja (P2K3) untuk mencegah kecelakaan dan mengidentifikasi potensi bahaya di tempat kerja sebagai salah satu faktor penyebab kecelakaan kerja untuk menganalisis intensitas kejadian kecelakaan kerja dan klasifikasi tingkat resiko faktor dan penyebab kecelakaan kerja.
Total angka kecelakaan pada pabrik kelapa sawit relatif tinggi dan bervariasi seperti kecelakaan berdasarkan unit kerja ialah unit work shop mencapai 28% yang mengalami kecelakaan. Gangguan kesehatan kerja pada karyawan pabrik masih relatif tinggi. Gangguan kesehatan kerja tertinggi berdasarkan departemen ialah bagian proses dan maintenance mencapai 69% luka berat dan luka kritis hingga mengakibatkan amputasi 8%. Pendidikan yang sering mengalami kecelakaan kerja tertinggi ialah SMA/sederajad dengan jumlah 72%. Dapat diketahui bahwa lama masa kerja yang mengalami kecelakaan kerja tertinggi adalah 44% dengan jumlah 11 orang yang masa kerjanya sudah mencapai 3-4 tahun.

LOADING LIST...
Agungpiliang07@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
Yogaarta
LOADING LIST...