Ir. W. Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BIO-SLURRY PADAT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bio-slurry padat sebagai campuran media tanam dan frekuensi penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2019. Penelitian merupakan percobaan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang tersusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama yaitu perbandingan volume tanah regusol dengan bioslurry padat yang terdiri dari 4 aras yaitu : tanah regusol sebagai kontrol, tanah regusol dengan Bio-slurry padat 1:1, tanah regusol dengan Bio-slurry padat 2:1, tanah regusol dengan Bio-slurry padat 3:1. Sedangkan faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu : penyiraman 1 hari 1 kali, penyiraman 2 hari 2 kali, penyiraman 3 hari 1 kali. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan di ulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan Analisis of Variance (sidik ragam) pada jenjang nyata 5%. Apabila perbedaan nyata pengujian dilanjutkan dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT) dengan jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi nyata antara perbandingan volume tanah regusol dengan bioslurry padat dan frekuensi penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit. Aplikasi perbandingan volume tanah regusol dengan bioslurry padat 1:1 tidak berbeda nyata dengan aplikasi perbandingan volume tanah regusol dengan bioslurry padat 2:1 dan 3:1, tetapi lebih baik daripada perlakuan kontrol pada parameter luas daun, diameter batang, berat segar tajuk dan berat kering tajuk. Frekuensi penyiraman 2 hari 1 kali lebih baik daripada frekuensi penyiraman 1 hari 1 kali dan frekuensi penyiraman 3 hari 1 kali pada parameter jumlah daun, panjang akar, berat segar akar dan berat kering akar.

Kata kunci : bioslurry padat, frekuensi penyiraman, bibit kelapa sawit,
pre nursey

LOADING LIST...
gabrielkevsibuea@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...