Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI VEGETASI DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP KONDISI FISIK TANAH DENGAN KEDALAMAN BERBEDA


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fiisk tanah yang ditumbuhi berbagai macam vegetasi di perkebunan kelapa sawit, dengan kedalaman yang berbeda yaitu 20 cm dan 40 cm. Pengambilan sampel tanah dilakukan di perkebunan PT. Langkat Nusantara Kepong (LNK), desa gohor lama, kecamatan wampu, kebupaten langkat, provinsi sumatera utara. Analisis sampel dilaksanakan di laboratorium fakultas pertanian instiper yogyakarta, pada bulan november sampai desember 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah kedalaman yang terdiri dari 2 aras, yaitu (K0) kedalaman 20cm dan (K1) 40 cm. Sedangkan faktor kedua adalah vegetasi terdiri dari 3 aras yaitu : (V0) tanpa vegetasi, (V1) vegetasi alang-alang, (V2) vegetasi mucuna. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5 % dan perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan vegetasi tidak berepengaruh nyata terhadap kondisi fisik tanah, dan juga kedalaman tidak memiliki pengaruh nyata. Pada vegetasi mucuna memiliki kadar bahan organik dan nitrogen yang terbaik

LOADING LIST...
lala41136@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Ir. Samsuri Tarmadja, MP - Personal Name
Tedi Kurnianto - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...