Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ZAT PENGATUR TUMBUH 2,4-D DAN DOSIS PEMUPUKAN NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT(Elaeis guineensis Jack) DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh 2,4-D dan dosis pemupukan nitrogen terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jack) di Pre nursery. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2019 sampai dengan bulan Mei 2019 yang dilaksanakan di kebun Kali Kuning KP2 Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Comlpletely Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor, yaitu konsentrasi zat pengatur tumbuh 2,4-D dan dosis pupuk nitrogen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh parameter yang diamati tidak terjadi interaksi nyata antara perlakuan zat pengatur tumbuh 2,4-D dan dosis pemupukan nitrogen. Perlakuan zat pengatur tumbuh 2,4-D sampai dengan 2 ml meningkatkan tinggi tanaman, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat kering akar, diameter batang dan luas daun. Perlakuan dosis pemupukan nitrogen tidak berpengaruh nyata terhadap hampir seluruh parameter yang diamati, kecuali pada parameter jumlah daun dan diameter batang.
Kata kunci: Zat pengatur tumbuh 2,4-D, Dosis pupuk nitrogen, Bibit kelapa sawit Pre nursery.

LOADING LIST...
trimulyobari@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...