Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Limbah Abu Boiler Kelapa Sawit Sebagai Bahan Pengatur pH Dan Koagulasi Pada Proses Penjernihan Air


Air adalah senyawa yang sangat penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di bumi dan tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya. Pada penelitian ini akan menggunakan bahan utama dari limbah padat kelapa sawit yaitu abu boiler. Abu boiler merupakan hasil pembakaran cangkang dan serabut kelapa sawit yang mana itu merupakan bahan bakar di Boiler. Abu boiler kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai penjernih air dan memberikan keuntungan secara ekonomis dan ramah lingkungan.
Penelitian ini sendiri memiliki tujuan yaitu untuk analisa penggunaan abu boiler kelapa sawit sebagai pengganti soda ash guna meningkatkan pH, analisa penggunaa abu boiler kelapa sawit sebagai pengganti koagulan pada proses penjernihan air.
Bahan kimia yang digunakan pada penelitian ini adalah soda ash, alum yang berfungsi untuk mengendapkan partikel dalam air, meningkatkan pH, dan menurunkun EC. Variasi dosis yang digunakan yaitu 15ppm, 25ppm, 35ppm, 45ppm, 55ppm dengan parameter yang digunakan pH, electrical conductivity, dan turbidity. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa abu boiler dapat menaikkan pH, dan menurunkan kandungan turbidity.Untuk abu boiler setiap penambahan 1 ppm larutan mampu meningkatkan pH sebesar 0,008, dan menurunkan Turbidity sebesar 3,9 NTU/ppm.

LOADING LIST...
elvibutarbutar220898@gmail.com
NONE
Text
INSTIER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...