Apliko Subrata Doli Pandiangan; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis Zeolit terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit pada Jenis Tanah yang berbeda


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis zeolit terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di PN pada beberapa jenis tanah. Penelitian ini dilaksanakan di KP2 Institut Pertanian Stiper yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan ketinggian tempat 118 mdpl. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 Maret 2019 sampai dengan 17 Juni 2019.
Penelitian dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD). Faktor pertama adalah dosis zeolit dengan aras 0 g (kontrol), 25 g, 50 g dan 75 g per polybag. Faktor kedua adalah jenis tanah yang berbeda yang terdiri dari tanah Regosol, Latosol dan Grumosol. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance) dan apabila terdapat perlakuan yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis zeolit yang diaplikasikan pada jenis tanah yang berbeda tidak menghasilkan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di PN. Aplikasi dosis zeolit 0 g (kontrol), 25 g, 50 g dan 75 g memberikan pengaruh nyata terhadap parameter berat segar, berat kering dan panjang akar. Pengaruh tersebut diidentifikasi karena adanya perbaikan sifat-sifat tanah yang meningkatkan pertumbuhan akar. Tanah Regosol, Latosol dan Grumosol memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di PN.
Kata Kunci : Zeolit, Jenis Tanah, Bibit Kelapa Sawit PN

LOADING LIST...
aflikobrata@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...