Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGANGKUTAN PUPUK ORGANIK EMPTY FRUIT BUNCH (JANGKOS) MENGGUNAKAN DUMP TRUK DAN TRAKTOR


Penelitian ini bertujuan untuk Membandingkan efisiensi pengangkutan pupuk organik jangkos menggunakan dump truk dan traktor.
Penelitian ini mennggunakan metode survei lapangan. Jenis data yang di kumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang di ambil langsung dari lapangan oleh peneliti. Sedangkan data sekunder merupakan data penunjang yang diperlukan demi tercapai nya tujuan penelitian yang diperoleh tidak melalui pengukuran langsung dilapangan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kerja meliputi kecepatan pengangkutan (V) traktor (23,456 km/jam) lebih cepat dibandingkan dengan dump truk (22,697 km/jam), kapasitas kerja pengangkutan (KA) dump truk lebih besar (11,734/ton) dari traktor (10,121/ton), efesiensi kerja (%) kedua alat, traktor 96.874% dan Dump Truk 93.488%, untuk nilai tinggi rendahnya pada analisa biaya operasi di dapatkan oleh traktor (Rp.30,58/kg) lebih rendah dari pada dump truk yakni (Rp.37,08/kg) lebih tinggi dibandingkan alat traktor. Menurut hasil penelitian, traktor lebih efesien dan lebih hemat ekonominya di bandingkan dump truk.
Kata kunci: Efisien,, Dump Truk, traktor.

LOADING LIST...
habibisaragih.hs@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...