Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Lama dan Suhu Penyimpanan Terhadap Kualitas Minyak CPO Produksi


Penurunan mutu CPO dapat terjadi selama penyimpanan dan pengiriman karena terjadi reaksi oksidasi dengan oksigen di udara, reaksi hidrolisis. Semakin lama masa penyimpanan CPO maka penurunan mutu yang terjadi akan semakin besar. Suhu dipenyimpanan CPO yang tidak terkontrol dengan baik, juga sering kali menjadi penyebab terjadinya penurunan mutu CPO. Mutu CPO ditunjukkan beberapa parameter yaitu kadar asam lemak bebas, kadar kotoran, dan kadar air. CPO memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan minyak nabati lainnya yang berpengaruh terhadap penanganannya selama penyimpanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah analisa variasi lama penyimpanan dan variasi suhu terhadap kualitas CPO selama penyimpaan. Analisis laju perubahan asam lemak bebas, kadar air dan kadar kotoran selama penyimpanan sampai 72 jam.
Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang berada di Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa parameter dari proses penyimpanan CPO yaitu lama penyimpanan dan variasi suhu meliputi kadar asam lemak bebas, kotoram, dan air .
Hasil dari penelitian ini adalah suhu penyimpanan CPO yang optimum terhadap kualitas CPO yaitu 50oC dengan kenaikan asam lemak bebas 0.085, kadar kotoran 0.001 dan kadar air 0,01.

LOADING LIST...
pratamaseptian000@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP - Personal Name
septian pratama - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro. MS. IPM - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...