Ferdinad Rinaldi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MODIFIKASI DAN UJI PERFORMA ALAT PENGUTIP BERONDOLAN DENGAN MENGGUNKAN LOOSE FRUIT PICKER UNTUK STASIUN LOADING RAMP


Proses pengutipan brondolan yang dilakukan di lantai loading ramp masih dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan. Akibatnya selain memakan waktu yang lama, pekerja pengutip benrondolan juga mudah lelah karena terus menerus membungkuk selama pengutipan sehingga produktivitas kerja mereka akan menurun dan ikut berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas hasil pengutipan benrondolan tercecer. Proses pengutipan brondolan kelapa sawit secara manual ini dilakukan hampir di seluruh lantai loading ramp di pabrik kelapa sawit. Tujuan dari penelitian ini menganalisis jumlah keruigian akibat berondolan tidak terikut terolah. Modifikasi dan uji performa alat pengutip berondolan dengan menggunakan loose fruit picker untuk stasiun loading ramp dan menganalisis kelakayan ekonomi. Dari analisa kerugian didapati rata-rata kerugian loosis berondolan /hari jika dihitung dalam harga TBS sebesar Rp. 149.500,00 /hari. Setelah menggunakan alat kerugian yang didapat berkurang sebesar Rp. 16.744,00 /hari maka berondolan yang dapat diselamatkan perusahaan dengan menggunakan alat pengutip berondolan sebesar Rp. 3.451.656 /bulan. Uji
efektifitas pengutipan dengan menggunakan lintasan lurus, zig-zag, melingkar didapat hasil rata-rata sebesar 75,5%. Analisa Revenue Cost Ratio menunjukkan Modifikasi alat pengutip berondolan menunjukan angka 1,3 > 1 yang artinya proses penbuatan alat layak digunakan karena > 1.
Pertimbangan ergonomis yang berkaitan dengan sikap atau posisi kerja akan sangat penting. Untuk menghindari sikap dan posisi kerja yang kurang baik. Alat ini dapat mengurangi rasa sakit pada operator di bagian betis, paha, pinggang, lengan, leher dan lutut.
LOADING LIST...
ferdinandrinaldi@gmail.com
Ferdinad Rinaldi - Personal Name
Dr.Ir Hermantoro,MS,IPM - Personal Name
Cristina Wahyu Ary Dewi,SP,M.Eng - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...