Ir. Sri Hastuti, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGAPLIKASIAN EDIBLE COATING DENGAN FORMULASI PEKTIN DAN BEESWAX PADA APEL MANALAGI


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh formulasi pektin dan beeswax serta lama waktu simpan apel manalagi pada suhu dingin sehingga diperoleh apel coating yang masih baik dan disukai konsumen.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan 2 faktor. Faktor satu adalah formulasi pektin dan beeswax (A) dengan 3 taraf yaitu (A1 =1g:1g), (A2=1g:1,5g)dan (A3 =1g:2g). Faktor dua adalah lama waktu simpan (B) dengan 3 taraf yaitu (B1 =3 hari), (B2 =6 hari) dan (B3 =9 hari). Pada apel coating dianalisis susut bobot dan kekerasan buah serta uji organoleptik kesukaan terhadap aroma, warna, rasa dan tekstur.
Formulasi pektin dan beeswax tidak berpengaruh terhadap susut bobot dan kekerasan buah serta kesukaan aroma, warna, rasa dan tekstur apel coating. Lama waktu simpan tidak berpengaruh terhadap susut bobot dan kekerasan buah serta kesukaan aroma, warna, rasa dan tekstur apel coating. Kesukaan keseluruhan apel coating tertinggi (5,36 = agak suka) terdapat pada formulasi pektin dan beeswax (A2 = 1 gram : 1,5 gram)dengan susut bobot 40,46 gram dan kekerasan 0,78 mm. Kesukaan keseluruhan tertinggi apel coating (5,16 = agak suka) juga terdapat pada lama waktu simpan suhu dingin (B2 = 6 hari) dengan susut bobot 42,08 gram dan kekerasan 0,79 mm.


Katakunci : pektin, beeswax, lama waktu simpan, apel coating

LOADING LIST...
handvintara@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...