AHMAD FAHRUDIN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI MEDIA TANAM DAN JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai media tanam dan jenis zat pengatur tumbuh, serta untuk mengetahui interaksi antara media tanam dengan jenis zat pengatur tumbuh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri. Penelitian dilakukan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan Januari 2019 di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode faktorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 (dua) Faktor, yaitu jenis media tanam dan zat pengatur tumbuh alami. faktor 1 terdiri dari kontrol, tanah : arang Sekam, dan tanah : kompos kambing. Sedangkan faktor 2 terdiri dari kontrol, bonggol pisang, bawang merah, dan kecambah. Parameter yang diamati adalah panjang tangkai daun, jumlah daun, luas daun, jumlah tangkai, bobot berangkasan basah, bobot berangkasan kering, panjang akar, volume akar, dan hasil ekonomi. Penelitian dianalisis ragam (anova) pada jenjang nyata 5%, jika terdapat perbedaan nyata, maka penelitian dilanjutkan dengan uji DMRT pada tingkat kepercayaan 95%.
Hasil sidik ragam (anova) menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara perlakuan media tanam dan jenis zat pengatur tumbuh terhadap seluruh parameter penelitian. Media tanam terbaik adalah perbandingan tanah dan kompos kambing karena memiliki kandungan unsur hara, lebih lengkap dibandingkan perlakuan media tanam yang lain (tanah, tanah dan arang sekam). Zat pengatur tumbuh yang berasal dari kecambah menunjukkan pengaruh yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri.

Kata Kunci: Seledri, media tanam, ZPT
LOADING LIST...
fahrudin09ahmad@yahoo.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...