Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Waktu Aplikasi dan Konsentrasi Isopropil Amina Glifosat Untuk Mengendalikan Gulma Eleusin Indica DiPerkebunan Kelapa Sawit


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu aplikasi dan konsentrasi isoprofil amina glifosat untuk mengendalikan gulma Eleusin indica di perkebunan kelapa sawit. Mengetahui waktu aplikasi dan konsentrasi yang tepat terhadap tingkat perubahan fisik gulma. Waktu penelitian dilakukan pada bulan April 2019 sampai Mei 2019. Penelitian dilaksanakan di perkebunan rakyat, Desa Natai Raya, Kecamatan Pangkalan Lima, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan percobaan petak terbagi atau split-plot. Dalam rancangan petak terbagi ini faktor pertama sebagai petak utama main-plot 1 adalah waktu aplikasi (W) dengan 3 aras yaitu Pukul 07.00 pagi hari (W1), Pukul 12.00 siang hari (W2), Pukul 16.00 sore hari (W3). Faktor kedua sebagai anak petak yaitu faktor konsentrasi (K) dengan 3 aras yaitu 0,6% (K1), 0.8% (K2), dan 1% (K3) dengan menggunakan 3 ulangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu aplikasi dan konsentrasi isoprofil amina glifosat tidak memberikan interaksi yang nyata terhadap tingkat perubahan fisik gulma. Perbedaan konsentrasi tidak berpengaruh nyata, tetapi waktu aplikasi memberikan pengaruh nyata.

Kata Kunci : Waktu Aplikasi, Konsentrasi, Glifosat

LOADING LIST...
butyobuma18@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Budi Prastyo - Personal Name
Hangger Gahara Mawandha, SP.,M.Sc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2020
LOADING LIST...