Fitri Kurniawati, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MODEL KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PANEN KELAPA SAWIT DI PTPN IV SUMATERA UTARA


Penelitian mengenai Pengaruh Model Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karywan Panen ini dilaksanakan di PTPN IV Unit Usaha Bah Jambi Rayon Utara, Kecamatan Jawa Maraja, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kepemimpinan yang dianut perusahaan terhadap kinerja karyawan panen perkebunan dan untuk mengetahui seperti apakah model kepemimpinan yang diterapkan pada perusahaan perkebunan.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara menggunakan kuisioner kemudian disusun, dijelaskan, dan dianalisis. Metode penelitian secara purposive sampling ini mengambil 36 sampel karyawan panen menggunakan metode random sampling. Metode pengukuran variabel yang digunakan adalah skala likert. Pengujian data pada penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator variabel kepemimpinan yaitu keteladanan, komunikasi, motivasi, dan pengawasan pemberian solusi mempengaruhi kinerja karyawan panen kelapa sawit. Model kepemimpinan yang diterapkan di PTPN IV Unit Bahjambi Rayon Utara mendekati model kepemimpinan transformasional.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...