Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN KONSENTRASI EKSTRAK BUAH MANGROVE (Rhizophora mucronata) DAN EKSTRAK JAHE SERTA PENAMBAHAN VARIASI MADU HUTAN TERHADAP SIRUP YANG DI HASILKAN


Rhizophora mucronata merupakan tumbuhan mangrove di daerah tropis, dimana buahnya biasa digunakan sebagai bahan pangan dan obat tradisional oleh masyarakat yang hidup di pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa perbandingan konsentrasi ekstrak mangrove (Rhizophora mucronata) dan ekstrak jahe serta penambahan madu hutan yang terbaik untuk mendapatkan sirup yang paling banyak di sukai konsumen. Penelitian dilaksanakan secara eksperimen menggunakan Rancangan blok lengkap (RBL) dengan dengan 2 faktor, faktor pertama yaitu pengaruh perbandingan konsentrasi ekstrak mangrove (Rhizopora mucronata) serta ekstrak jahe dan faktor kedua dengan penambahan konsentrasi madu hutan dan masing-masing faktor terdapat 3 taraf faktor dengan 2 kali ulangan. Analisa kualitas dari sirup mangrove pada penelitian ini menggunakan parameter uji sifat kimia dari sirup mangrove yaitu kadar gula reduksi, antioksidan, vitamin C, total asam, viskoositas, pH dan uji organoleptik sirup mangrove diantaranya aroma, warna, rasa, dan tekstur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji kesukaan rasa, perlakuan yang banyak di sukai penelis dengan perbandingan sari mangrove 60 % dan sari jahe 40 % dengan penambahan madu 60 % dengan jumlah kesukaan penelis sebesar 5,50. Sedangkan pada uji warna yaitu sari magrove 50 %, sari jahe 50 % dengan penambahan madu 70% dengan nilai kesukaan penelis sebesar 5,05. Perbandingan sari mangrove dan sari jahe tidak berpengaruh nyata terhadap uji kadar gula reduksi, pH, viskositas, total asam, kesukaan warna dan tekstur. Perbandingan sari mangrove dan sari jahe berpengaruh nyata terhadap uji pada uji antioksidan, vitamin C, aroma dan rasa.
LOADING LIST...
Wilhelminabota@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...