Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK NPK DAN VOLUME AIR SIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK dan volume air siraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre-nursery. Penelitian ini dilakukan di desa Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta.
Penelitian menggunakan percobaan pola faktorial terdiri 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK 15-15-15 yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, dosis pupuk NPK 1 g, dosis pupuk NPK 2 g dan dosis pupuk NPK 3 g. Faktor kedua adalah volume air siraman yang terdiri dari 3 aras yaitu: 100 ml, 150 ml, dan 200 ml. Data dianalisis menggunakan sidik ragam pada jenjang 5%, apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi nyata antara perlakuan dosis pupuk NPK dengan volume air siraman pada parameter diameter batang, kombonasi dosis pupuk NPK 2 g dengan volume air siraman 100 ml. Perlakuan dosis pupuk NPK 2 g memberikan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan kontrol, NPK 1 g NPK 3 g. Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan volume air siraman memberikan hasil yang sama dan volume air 100 ml.

Kata kunci: Dosis Pupuk NPK, Volume Air Siraman, Bibit Kelapa sawit di Pre Nursery

LOADING LIST...
bagus.subroto15@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...