Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Jarak Tanam dan Varietas Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jarak tanam dan varietas serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil jagung Penelitian dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Maret sampai Mei 2019.
Rancangan penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) atau Randomized Completely Block Design (RCBD) yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor I : jarak tanam, terdiri dari 3 aras yaitu jarak tanam 70 x 30 cm, jarak tanam 75 x 25 cm dan jarak tanam 80 x 20 cm. Faktor II : varietas terdiri dari 3 aras yaitu varietas Pioneer 27, varietas Pioneer 35 dan varietas Pioneer 36. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakukan digunakan uji Anova pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara jarak tanam dengan varietas pada parameter luas daun, diameter batang, panjang tongkol, berat tongkol, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tanaman, berat kering tanaman, untuk berat tongkol kombinasi jarak tanam 75 x 25 cm dengan varietas P27 memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Penggunaan jarak tanam 75 x 25 cm menghasilkan pertumbuhan dan hasil yang terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter tongkol. Varietas jagung P36 memiliki pertumbuhan dan hasil yang baik pada parameter tinggi tanaman.

Kata kunci : tanaman jagung hibrida, jarak tanam, varietas.


LOADING LIST...
selmaputri013@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPR
2020
yogyakarta
LOADING LIST...