Yudi Sandi Samosir; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI SUMBER NITROGEN PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata Sturt)


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahuipengaruh macam sumber nitrogen pada berbagai jenis tanah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays sacharata Sturt)telah dilaksanakan diDesa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarata, padabulan Maret sampai Mei 2019.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah sumber pupuk Nitrogen yang terdiri dari 3 macam yaitu: Urea, ZA dan NPK. Faktor kedua adalah jenis tanah yang terdiri dari 3 jenis yaitu: Regosol, Grumosol dan Latosol. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam. Data yang berbedanyata diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak diperoleh adanya interaksi yang nyata antara macam sumber nitrogen pada berbagai jenis tanah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Jenis tanah Latosol menunjukkan pertumbuhan paling baik dibandingkan jenis tanah lainnya. Aplikasi berbagai sumber nitrogen memberikan pengaruh yang samabaiknya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis.

LOADING LIST...
yudisandisamosir@gmail.com
Yudi Sandi Samosir - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Ir. Sri Manu Rochmiyati, M. Sc. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...