Irwan; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS HERBISIDA CAMPURAN PARAQUAT DIKLORIDA DAN METIL METSULFURON UNTUK MENGENDALIKAN GULMA Scleria sumatrensis


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi yang tepat pada herbisida paraquat diklorida dengan herbisida metil metsulfuron terhadap gulma Scleria sumatrensis, untuk mengetahui campuran herbisida paraquat diklorida dengan herbisida metil metsulfuron untuk mengendalikan gulma Scleria sumatrensis, dan untuk mengetahui campuran yang tepat herbisida paraquat diklorida dengan herbisida metil metsulfuron, serta mengetahui sifat campuran herbisida paraquat diklorida dan metil metsulfuron. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Indra Sari Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 2 bulan dimulai dari bulan Mei sampai Juni 2018.
Metode ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak kelompok lengkap (RCBD) yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah dosis hebisida paraquat diklorida (P) yang terdiri dari tiga aras yaitu : 8,1 ml/liter (P1), 10,8 ml/liter (P2), 13,5 ml/liter (P3). Faktor kedua adalah dosis metil metsulfuron (M) yang terdiri dari tiga aras yaitu : 0,4 g/liter (M1), 0,6 g/liter (M2), 0,8 g/liter (M3).
Hasil peneliian menunjukan tidak terjadi interaksi nyata antara campuran herbisida paraquat diklorida dan metil metsulfuron dalam mengendalikan gulma Scleria sumatrensis. Semakin tinggi dosis paraquat diklorida semakin menekan pertumbuhan gulma Scleria sumatrensis. Herbisida metil metsulfuron tidak efektif untuk mengendalikan gulma Scleria sumatrensis. Herbisida campuran paraquat diklorida dan metil metsulfuron memiliki sifat aditif. semakin tinggi dosis herbisida yang diaplikasikan maka semakin peka Scleria sumatrensis terhadap herbisida, sebab bahan aktifnya akan semakin banyak diserap sehingga kematian Scleria sumatrensis semakin cepat.

LOADING LIST...
Irwan.ju03@gmail.com
Irwan - Personal Name
Hangger Gahara Mawandha, SP. M.Sc - Personal Name
Ir. Abdul Mu’in, MP. (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...