RIATNO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LIMBAH KELAPA SAWIT SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah kelapa sawit sebagai campuran media tanam dan volume penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang di susun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Ramdomized Design (CRD). Faktor I adalah pemberian limbah kelapa sawit yang terdiri dari 4 aras yaitu : Tanah Regusol sebagai kontrol, tanah Regusol diberi Abu Janjang, tanah Regusol diberi Solid, dan tanah Regusol diberi Abu Janjang serta Solid. Faktor II adalah volume penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu : 100 ml, 150 ml, dan 200 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara limbah kelapa sawit dan volume penyiraman pada parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Komposisi media tanam regusol dan regusol + abu janjang memberikan hasil yang sama baik pada parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Volume penyiraman memberikan pengaruh nyata pada parameter tinggi bibit, dan panjang akar bibit kelapa sawit di pre nursery. Volume 100 ml sudah mencukupi untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
riatno98@gmail.com
RIATNO - Personal Name
Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P) - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryanti, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...