Dr. Maria Ulfah, STP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMURNIAN BIOGAS MENGGUNAKAN PENYARING ZEOLIT DAN BESI OKSIDA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan zeolit dan besi oksida untuk pemurnian biogas dengan variasi lama penyerapan. Karakteristik zeolit berpori dan gram besi aktif yang dapat mengikat karbon dioksida dan hidrogen sulfida sehingga diperoleh filter yang optimal dengan daya serap.
Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 1 faktor yaitu waktu penyerapan filter terhadap zat pengotor dengan 4 taraf, yaitu A (Tanpa penyaringan), B (30 menit), C (60 menit), D (90 menit). Percobaan diulang sebanyak dua kali sehingga didapatkan 4 x 3 = 12 satuan eksperimental. Analisis kadar metana dan komposisi gas menggunakan GC-MS.
Lama waktu kontak biogas dengan filter dari zeolit dan besi oksida tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah metana yang dihasilkan. Penggunaan filter biogas dari zeolit dan besi oksida sampai 60 menit mampu meningkatkan kadar metana hingga 8,74%. Komposisi biogas dengan penggunaan filter sampai 60 menit memiliki kadar metana sampai 33,91% dan kadar oksigen 0,04%.
LOADING LIST...
ayub.budisetia@gmail.com
Dr. Maria Ulfah, STP, MP - Personal Name
Ngatirah, SP, MP (P) - Personal Name
AYUB BUDISETIA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...