Yuriklesia Aprela Penyami; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Aplikasi KOmpos Sampah Pasar dan Frekuensi Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengetahui interaksi antara aplikasi kompos sampah pasar dan frekuensi penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery serta pengaruh frekuensi penyiraman dan pengaruh aplikasi kompos sampah pasar terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019.
Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap pola faktorial. Faktor pertama yaitu kompos sampah pasar dengan 4 aras yaitu : kontrol, 80 g/polibag, 160 g/polibag, dan 240 g/polibag. Faktor kedua yaitu frekuensi penyiraman dengan 3 aras yaitu : 2 kali sehari, sehari 1 kali, dan 1 kali/dua hari. Masing-masing kombinasi perlakuan dengan 4 ulangan sehingga secara keseluruhan terdapat 48 sampel. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada interaksi antara aplikasi kompos sampah pasar dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penyiraman dengan frekuensi 1 x dua sehari sudah mencukupi kebutuhan air pada bibit kelapa sawit pre nursery. Aplikasi kompos sampah pasar berpengaruh terhadap bibit kelapa sawit pre nursery dengan dosis terbaik yaitu 160 gram.


LOADING LIST...
yurikeaprela99@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...