Erick Firmansyah, SP. M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Konsentrasi Urin Sapi pada Berbagai Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan tanaman perkebunan yang memegang peranan penting bagi Indonesia sebagai komoditi andalan. Proses pengembangan dan peningkatan produksi kelapa sawit sangat membutuhkan bibit berkualitas. Pembibitan kelapa sawit merupakan titik awal yang paling menentukan masa depan pertumbuhan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi urin sapi pada berbagai komposisi media tanam yang teridri atas perbandingan tanah regusol dengan pupuk kandang ayam serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery.
Penelitian dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang terdiri atas dua faktor dan disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL). Faktor pertama adalah pemberian konsentrasi urin sapi yang terdiri dari K0 (Kontrol), K1 (10%/polibag), K2 (25%/polibag), K3 (50%/polibag). Faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari perbandingan antara tanah regusol dan kotoran ayam yaitu M0 (1:0), M1 (2:1) dan M2 (1:1). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi diulang sebanyak 3 kali, sehingga jumlah seluruh tanaman dalam penelitian 4 x 3 x 3 = 36 polibag tanaman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan konsentrasi urin sapi terhadap berbagai komposisi media tanam menunjukan interaksi nyata pada parameter jumlah daun. Perlakuan komposisi media tanam memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar dan volume akar. Perlakuan berbagai konsentrasi urin sapi memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar dan volume akar.

LOADING LIST...
indrawidiyanto48@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...