Ir. Sri Manu Rochmiyati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BENTUK KOMPOS DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk pupuk kompos dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Dusun Karangnongko yang terletak di Jl. Nangka IV, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. pada bulan April sampai Juli 2018.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu bentuk kompos yang terdiri dari 3 macam yaitu : serbuk, pelet, briket. Faktor kedua yaitu frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 macam yaitu : 1 hari sekali, 2 hari sekali, 3 hari sekali. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kompos dan frekuensi penyiraman tidak ada interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian kompos bentuk serbuk, pelet dan briket memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Frekuensi penyiraman 1 hari sekali, 2 hari sekali dan 3 hari sekali memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : bibit kelapa sawit, frekuensi penyiraman, kompos.

LOADING LIST...
azizspksa@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...