Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Produk Sampingan Pabrik Kelapa Sawit Dan Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam produk sampingan pabrik kelapa sawit dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 mdpl pada bulan Maret sampai Mei 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam produk sampingan pabrik kelapa sawit yang terdiri dari 3 macam yaitu tandan kosong, sludge dan limbah cair pabrik kelapa sawit. Sedangkan faktor kedua yaitu komposisi media tanam terdiri dari 3 macam yaitu pasir, lempung serta campuran pasir dan lempung. Selain itu dibuat kontrol yaitu diberi pupuk NPK dan Urea dengan dosis masing masing 0,4 g/bibit. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara macam produk sampingan pabrik kelapa sawit dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit di pre nursery. Pemanfaatan semua macam produk sampingan PKS tandan kosong, sludge dan LCPKS memberikan pengaruh yang sama dengan pemberian pupuk anorganik (NPK + Urea) dosis standar terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penggunaan lempung dan pasir + lempung sebagai media tanam memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pasir terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
fernandanoyy@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...