Salsabila Henindar; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN DOSIS KOLKISIN DAN LAMA WAKTU PERENDAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN PROTOCORM ANGGREK PHAIUS SP.


PENGARUH PEMBERIAN KOLKISIN DAN LAMA WAKTU PERENDAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN PROTOCORM ANGGREK Phaius sp.

SALSABILA HENINDAR
16/18759/BP

INTISARI

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis kolkisin dan lama waktu perendaman dan mengetahui ada atau tidaknya interaksi pada kedua perlakuan tersebut. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari – September 2019 di Laboratorium Kultur Jaringan Instiper Yogyakarta.
Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor. Faktor pertama adalah dosis kolkisin, yaitu dengan dosis 0 ppm, 50 ppm, 100 ppm dan 200 ppm. Faktor kedua adalah lama waktu perendaman yaitu, dengan waktu 30 menit, 60 menit dan 90 menit. Data diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of Variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%. Data kualitatif diperoleh dengan deskripsi berupa warna protocorm, jumlah bulu halus pada akar dan morfologi protocorm anggrek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara perlakuan dosis kolkisin dan lama perendaman terhadap pertumbuhan protocorm Anggrek Phaius sp. Perlakuan dosis kolkisin berbeda nyata pada parameter berat protocorm Anggrek Phaius sp. Dosis kolkisin terbaik adalah 100 ppm. Lama perendaman tidak terjadi beda nyata pada semua parameter dan lama waktu perendaman terbaik adalah 90 menit.

Kata kunci: Protocorm, Anggrek Phaius sp, kolkisin, perendaman, pertumbuhan.

LOADING LIST...
slsahenndr@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
LOADING LIST...