Yuslinawari, S.Hut, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN SEMAI SENGON HIDROPONIK DENGAN VARIASI UKURAN DAN JUMLAH LUBANG FLORAL FOAM


Sengon merupakan jenis tanaman cepat tumbuh yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Seiring dengan laju perkembangan budidaya sengon, terdapat berbagai teknik pembibitan untuk mendapatkan bibit cabutan yang lebih baik sehingga diperlukan inovasi baru untuk meningkatkan kapasitas teknik pembudidayaan. Oleh sebab itu dilakukan alternatif metode pembibitan untuk mendapatkan produksi bibit cabutan dengan modifikasi menggunakan floral foam. Kelebihan dari modifikasi hidroponik yaitu lebih praktis, lebih ringan, dan tidak membutuhkan media. Floral foam memiliki kemampuan menyimpan air dan unsur hara sangat tinggi, sehingga berkaitan dengan ukuran dan jumlah lubang pada floral foam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran dan jumlah lubang floral foam yang terbaik terhadap pertumbuhan semai sengon hidroponik. Penelitian ini menggunakan metode Percobaan Faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara mengamati dan mengukur sample percobaan. Parameter yang diamati meliputi: tinggi semai, diameter batang, jumlah daun, warna daun, kekokohan semai, nisbah pucuk akar, berat kering total, dan persen hidup semai.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran floral foam berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi, diameter batang, jumlah daun, persen hidup, dan berat kering total, tetapi tidak berpengaruh terhadap nisbah pucuk akar dan kekokohan semai sengon hidroponik. Jumlah lubang floral foam berpengaruh terhadap pertumbuhan diameter batang, tetapi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi, jumlah daun, nisbah pucuk akar, kekokohan, berat kering total, dan persen hidup semai sengon hidroponik. Kemudian tidak terdapat interaksi antara ukuran floral foam dengan jumlah lubang floral foam terhadap pertumbuhan semai sengon hidroponik.
Kata kunci: Pertumbuhan, Ukuran Floral Foam, Jumlah Lubang Floral Foam

LOADING LIST...
pangaribuansanta@gmailcom
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
Yogyarta
LOADING LIST...