Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONSENTRASI LIMBAH CAIR IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi limbah cair ikan terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada jenis tanah yang berbeda. Telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 15 Februari hingga 15 Mei 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organik cair ikan yang terdiri dari 5 aras yaitu : 10, 20, 30, 40 % serta pupuk NPK dan Urea dengan dosis 0,1 g/bibit sebagai kontrol. Faktor kedua adalah jenis tanah yang terdiri dari 3 aras yaitu : regosol, latosol dan grumusol. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ada interaksi antara konsentrasi limbah cair ikan dan jenis tanah terhadap tinggi bibit kelapa sawit di pre nursery, pemberian pupuk organik cair konsentrasi 40 % pada tanah regosol menghasilkan tinggi bibit tertinggi dan pemberian pupuk NPK + Urea pada tanah regosol menghasilkan tinggi bibit terendah. Pemberian pupuk organik cair konsentrasi 10% sudah mencukupi untuk menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang baik dan mampu menggantikan pupuk anorganik.

LOADING LIST...
gugunkurniawan168@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...