Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, M.P (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JARAK TANAM DAN PEMBERIAN DOSIS PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG ( ZEA MAYS)


Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh jarak tanam dan pemberian dosis pupuk N serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil jagung. Penelitian dilakukan di Desa Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Seleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 2 bulan dari bulan april sampai Juni 2019.
Rancangan penelitian ini menggunakan percobaan Faktorial yang disusun dengan rancangan RCBD (Randomized Complete Block Desigen) terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu jarak tanam yang terdiri dari 3 aras yaitu 60x20, 70x30 cm dan 80x35cm . Faktor yang kedua adalah dosis pupuk N yang terdiri dari 3 aras yaitu 7,5 g, 15 g dan 22,5 g. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 9 kombinasi setiap kombinasi terdiri dari 4 ulangan sehingga diperoleh 3 x 3 x 4 = 36 macam percobaan. Hasil dianalisis menggunakan sidik ragam jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncen (Duncan’s New Multiple Range Tenst)
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara jarak tanam dengan pemberian pupuk N pada parameter jumlah daun, diameter batang, jumlah tongkol, berat tongkol. Kombinasi jarak tanam 75x30 dengan dosis 15 g menghasilkan kombinasi terbaik pada parameter jumlah daun, diameter batang. Kombinasi jarak tanam 80x35 cm dengan dosis 7,5 g menghasilkan kombinasi terbaik pada jumlah tongkol dan berat tongkol. Perlakuan jarak tanam 80x35cm menghasilkan perlakuan terbaik terhadap berat segar akar dan berat segar tajuk. Perlakuan dosis pupuk N memberikan hasil yang sama baik terhadap berat segar tajuk dan berat kering tajuk

Kata kunci : jarak tanam, dosis pupuk N dan jagung.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...