I Made Harta Antara; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN IN VITRO KECAMBAH TEMBAKAU (Nicotiana tabacum) VARIETAS KEMLOKO DAN VIRGINIA PADA BEBERAPA VARIASI MEDIA KULTUR


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan In-Vitro kecambah varietas tembakau Kemloko dan Virginia pada variasi media kultur. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman INSTIPER Yogyakarta, pada bulan Februari sampai Juni 2019.

Penelitian ini mengunakan metode percobaan, faktorial yang disusun dengan Rancangan Acak Lengakap (RAL). Faktor pertama adalah media kultur yang terdiri dari ¼ MS, ½ MS, nutrisi media POC, air kelapa muda, pupuk daun dan kontrol. Faktor kedua adalah varietas tembakau (Kemloko 1 dan Virginia). Dengan demikian 12 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat total sebanyak 36 unit percoban. Parameter yang diamati tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, berat kering dan warna daun, waktu pengamatan seminggu sekali selama dua bulan. Hasil pengamaan analisis mengunakan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5 %. Jika ada beda nyata maka dilakukan uji DMRT (Duncan New Multiple Range Test) jenjang 5 %.

Hasil penelitian menunjukan terjadi interaksi nyata antara varietas tembakau (Kemloko dan Virginia) dengan media kultur pada parameter jumlah daun di pengamatan bulan kedua. Pemberian jenis media kultur berpengaruh nyata pada semua parameter yang diamati, media ½ MS memberikan pengaruh paling baik. Pengunaan tembakau varietas Kemloko dan tembakau varietas Virginia tidak berpengaruh nyata pada semua parameter.
Kata kunci: tambakau, Virginia, Kemloko, nutrisi media, in-vitro

LOADING LIST...
madeharta985@gmail.com
NONE
Yogyakarta
Text
INSTIPER
2020
LOADING LIST...