Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBERIAN PUPUK NPK UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS HERBISIDA GLIFOSAT DALAM MENGENDALIKAN ALANG-ALANG (Imperata cylindrica) SEBAGAI GULMA UTAMA PADA KELAPA SAWIT


Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menyumbang devisa besar bagi Negara. Salah satu masalah penting dalam upaya memantapkan produksi dan menekan biaya produksi kelapa sawit adalah masalah gulma. Tumbuhan yang menyebabkan kerugian akibat kompetisi langsung dengan kebutuhan unsur hara, air, cahaya matahari, karbondioksida dan ruang tumbuh dengan tanaman pokok. Metode yang banyak digunakan di perkebunan adalah cara mekanis dan cara kimiawi dengan menggunakan herbisida. Metode ini dianggap lebih praktis dan menguntungkan. Salah satu pengendalian gulma alang-alang adalah dengan melakukan aplikasi herbisida yang bersifat sistemik karena dapat mematikan gulma tersebut sampai ke bagian rimpangnya dalam tanah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan 4 kali ulangan. Faktor pertama adalah dosis Glifosat dengan 2 aras yaitu (glifosat dengan dosis 3 l/ha dan dosis glifosat dengan dosis 5 l/ha). Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK dengan 3 aras yaitu (NPK dengan dosis 0 g/l, NPK dengan dosis 300 g/l, dan NPK dengan dosis 600 g/l). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 2 x 3 = 6 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga jumlah seluruh tanaman dalam penelitian 6 x 4 = 24 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi dan pengaruh nyata antara dosis glifosat dan dosis NPK pada hari ke-5, 10, 15, dan 20. Kombinasi perlakuan dosis glifosat 3 l/ha yang ditambahkan dosis NPK 300 g/l menunjukkan hasil yang terbaik dibandingkan perlakuan lainnya. penambahan adjuvant dapat meningkatkan aktivitas herbisida dengan berbagai cara yaitu, meningkatkan retensi herbisida pada permukaan organ gulma sasaran, meningkatkan penetrasi herbisida, menstabilkan emulsi herbisida sehingga mencegah pengendapan dan penggumpalan, memperbaiki penyebaran butiran dan semprotan dan terjadi interaksi sinergis yang menimbulkan efek normal dan meningkatkan pengaruh herbisida.

Kata Kunci : Dosis glifosat, Dosis NPK, adjuvant

LOADING LIST...
mcakrariopratama@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...